Cari Tahu Perkembangan Anak Di Usia 4-7 Bulan

Kembali bahasan yang jarang saya bahas yaitu tentang bayi. Sebelumnya, saya sudah membahas beberapa tips untuk merawat pakaian bayi. Nah, sekarang saya mau sedikit berbagi tentang perkembangan anak pada umur 4–7 bulan. Saya tertarik untuk membahasnya karena saya masih punya beberapa sepupu dengan rentang usia 4–7 bulan. Ya sekalian belajar lebih dini lah menjadi seorang bapak (walaupun saat ini belum ada pasangannya. hihihi)

Nah, pada usia 4 bulan, si anak sudah mulai mencoba berkomunikasi dan bereksplorasi dengan lingkungannya, termasuk mencoba berbicara langsung dengan orang tuanya. Si anak pun mulai mengenai bagian-bagian tubuhnya seperti kaki dengan cara mengangkat-angkatnya atau bahkan menghisap jempol kakinya (harus diperhatikan kebersihannya nih…). Kadang juga, ia pun memperhatikan gerak-gerik tangannya.

Ketika si anak beranjak ke usia 5 bulan, dia akan mulai menghabiskan botolnya dengan sangat cepat terutama ketika sangat lapar. Secara sosial, ia mulai perduli dengan sekelilingnya dan lebih berinteraksi dengan mengeluarkan suara dan tawanya. Secara fisik pun, si anak pun dapat mengangkat kepala sejajar badannya saat memegang tangannya dan menariknya ke posisi duduk.

Lalu saat menginjak ke usia 6 bulan, si kecil mulai berani menginisiasi interaksi sosial seperti melambaikan tangannya agar bisa digendong dan tersenyum jika melihat Ibunya. Masa ini juga adalah masa serba pertama bagi si kecil seperti pertama duduk tanpa dibantu, pertama kali merangkak bahkan berdiri sambil berpegangan ke sebuah benda.

Di saat sudah berusia 7 bulan, si kecil mulai memperlihatkan gigi pertamanya sehingga mulai bisa merasakan makanan padat. Ia pun sudah bisa memegang dua benda sekaligus. Emosinya pun akan muncul secara keseluruhan. Si kecil pun akan senang pada sebuah situasi sosial dengan cara melompat-lompat kegirangan terutama bila tahu saatnya bermain.

Sekian beberapa hal yang saya ingin bagikan. Semoga bermanfaat bagi kamu-kamu yang ingin tahu perkembangan anak pada usia 4–7 bulan.

Informasi yang ada disadur dari: The Asian Parent

1 Comments

Leave a Comment.