Tips Memilih Laptop Murah Berkualitas

Pas banget nih liburan telah tiba dan selamat menikmati #LebaranMasaKini nya ya! Sudah dapat baju barunya? atau mungkin tas baru? Nah, kali ini saya mau membahas satu benda atau perangkat yang di jaman sekarang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Yap, saya akan membahas tentang laptop atau notebook atau komputer jinjing. Siapa tahu di antara kalian baru dapet THR terus ingin beli laptop murah berkualitas.

Sebelum membeli, kita perlu tahu dulu laptop seperti apa yang ingin kita miliki. Terlebih lagi seiring perkembangan teknologi, bentuk fisik laptop pun semakin beragam dan bermacam-macam. Hal seperti ini yang membuat pengguna awam semakin kesulitan untuk memilih laptop barunya.

Ada berbagai pertimbangan sebelum kamu memilih laptop murah berkualitas di antaranya,

Desain

Ketimbang komputer PC, laptop terasa lebih personal bagi diri kita. Sehingga, desain laptop yang kita gunakan dapat mencerminkan kepribadian kita tapi tidak sekentara dengan pakaian yang kita gunakan.

Untuk kelas harga murah, mayoritas desain laptop yang ada terkesan biasa saja dan tidak terlalu istimewa. Pembuat laptop merancang laptop murah lebih kepada pendekatan fungsi daripada rupa. Bagi kebanyakan orang di Indonesia, mereka memilih laptop yang berfungsi dan dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Tetapi bila kamu tetap ingin memperhatikan aspek desain, lebih kamu coba langsung laptop yang diinginkan di toko sebelum membelinya. Kamu cek apakah papan tuts/keyboard nya sudah cukup nyaman untuk mengetik seharian? Apakah layarnya sudah cukup nyaman untuk digunakan seharian? Itu kembali ke preferensi pribadi kamu.

Material

Bahan atau material juga dapat menjadi pertimbangan selain desain. Material seperti aluminium sering digunakan untuk memberi kekuatan dan resistensi terhadap korosi. Namun pada umumnya, laptop murah menggunakan material plastik campuran untuk menekan ongkos produksi. Tidak ada salahnya untuk memilih laptop dengan material plastik.

Komponen

Nah ini yang sering menjadi perhatian pembeli laptop baru: komponen atau spesifikasi perangkatnya. Harga sebuah laptop itu biasanya ditentukan dengan seberapa kencang prosessor yang dibenamkan, berapa besar RAM atau hard disk yang digunakan dan kartu grafis apa yang dipakai.

Bagi kamu yang akan menggunakan laptop untuk keperluan ketik mengetik, utamakan pada komponen prosessor yang kencang, RAM yang kencang dan hard disk yang besar kapasitasnya. Umumnya, kartu grafis terintegrasi dengan prosessor sudah cukup mumpuni untuk pekerjaan ketik mengetik dan presentasi. Tetapi jika kamu ingin menggunakannya juga untuk keperluan grafis dan gaming, perhatikan juga kartu grafis yang digunakan. NVidia atau AMD Radeon? Bagi saya pribadi, sama saja.

Performa

Bicara soal performa, jangan hanya melihat pada seberapa besar angka GHz yang tertera pada prosessor sebuah laptop. Cek juga performa secara keseluruhan termasuk kartu grafis, baterai, koneksi Wi-Fi dan sebagainya. Jangan putuskan performa sebuah laptop hanya pada satu komponennya saja. Saya menyarankan kamu untuk mencari ulasan mengenai laptop yang ingin kamu beli di situs-situs ulasan di Internet.

Koneksi

Pastikan laptop kamu mendukung konektivitas yang sering kamu gunakan dan juga konektivitas yang bakal marak digunakan di masa yang akan datang. Umumnya, laptop sekarang sudah dilengkapi dengan koneksi USB 3.0 didampingi dengan koneksi USB 2.0. Selain itu, umumnya juga dilengkapi dengan konesi internet nirkabel WiFi 802.11n, gigabit ethernet/LAN, VGA dan HDMI untuk layar tambahan.

Piranti Lunak

Saya sarankan kamu untuk membeli laptop yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi di dalamnya seperti Windows. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot memasang sendiri sistem operasi lagi. Apalagi jika media sistem operasi yang kamu beli adalah ilegal atau tidak asli.

Sekian tips yang saya bahas untuk memilih laptop murah berkualitas. Kamu bisa mencari berbagai laptop tersebut di Elevenia dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.

Jika kamu tak mau capai-capai membaca panduan di atas, saran saya: langsung saja beli Macbook. Semua aspek di atas sudah tercapai bahkan melebihi standard yang saya sarankan di tulisan ini. 🙂

Beberapa materi disadur dari: http://www.pcadvisor.co.uk/buying-advice/laptop/3465421/how-choose-budget-laptop/

4 Comments

Leave a Comment.