Ngeblog (Lagi) Yuk!

Kemarin, tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional atau Hari Narablog Nasional. Semua blogger pun turut memperingatinya dengan …. melontarkan ucapannya lewat media sosial utamanya Twitter. Sudah jadi rahasia umum kalo kebanyakan para blogger angkatan tua sudah mulai jarang menulis di blognya masing-masing. Paling banter juga tulisan yang nongol itu karena ada maksud tertentu. Hehehehe… Walaupun begitu, pasti ada juga para blogger angkatan tua yang masih giat menulis di blognya.

Sebenarnya buat apa sih ngeblog? Toh ketimbang cape-cape ngeblog mending menanam jagung di kebun kita. (apasih). Ngeblog itu cara sederhana untuk mengungkapkan pemikiran kita lewat tulisan di media yang namanya blog. Pemikirannya bisa bermacam-macam. Mulai dari yang serius banget, bercanda hingga yang kelewatan ngawur juga ada. Toh itu bagian dari kebebasan berpendapat… yang tetap harus bertanggung jawab dan tidak asal jeplak.

Blogging-scene di Indonesia saat ini seperti apa? Saat ini, sudah banyak blogger yang berevolusi. Yang asalnya blogger jadi penulis buku, menjadikan blogger sebagai pekerjaan tetap dan sumber nafkah hingga menjadikan blog hanya untuk bermain-main SEO. Sejujurnya saya gak tahu apa-apa soal SEO. Yang penting tulisan saya menarik untuk dibaca dan ada yang melayangkan komentar pun sudah cukup. Banyak juga yang ngeblog secara ngawur utama yang main tempel-salin tulisan orang lain. Melalui blog juga, kita bisa tahu seberapa baik atau parahnya cara kita berbahasa terutama berbahasa menggunakan bahasa Indonesia.

Ngeblog itu nyantai aja Bro. Gak perlu berkubu-kubu. Komunitas itu ada bukan untuk berkubu. Tetapi untuk berbagi dan bersama-sama memecahkan satu masalah bersama-sama.

Ngeblog itu berbagi. Berbagi solusi untuk masalah yang terlontar. Tulisan boleh bagus. Tapi bukan merasa jadi kritikus yang hebat dan merasa pendapatnya paling hebat.

Dan ingat. Twitter bukan media buat kultwit. Daripada kultwit, mending ngeblog. Semua bisa baca, kapanpun bahkan setelah bertahun-tahun setelahnya daripada ditenggelamkan linimasa.

Selamat Hari Narablog Nasional dan … yuk kita ngeblog (lagi)!

Leave a Comment.