Refleksi : Keseimbangan dan Pedoman Hidup

Tak mungkin semua hal bisa didapatkan dengan mudah. Mungkin tidak semua tetapi mayoritas seperti itu. Ya. Segala hal yang kamu lihat diluar sana bisa didapatkan dengan usaha. Besarnya usaha yang kamu lakukan akan menentukan seberapa besar hasil yang akan kamu dapatkan.

Tak sedikit orang yang menginginkan sesuatu di luar batas kemampuan mereka. Entah itu kemampuan fisik mereka ataupun kemampuan finansial mereka. Ada orang yang bermegah-megahan dengan dompet tebal namun tidak bisa mendapatkan suasana yang homie di rumahnya. Sebaliknya, banyak orang mendapati suasana keluarga yang aman dan tentram sekalipun kondisi ekonominya sangat terhimpit. Keduanya saling melengkapi. Hitam putih. Langit bumi. Yin yang.

Kehidupan di muka bumi ini memiliki hukum keseimbangannya. Ketika seseorang sedang berlebih-lebihan, dia akan mendapati sesuatu yang berkurang dari dirinya hingga mencapai titik keseimbangan. Ibarat kadar kesenangan dia mencapai 7 dari 10 maka dia akan mendapatkan kadar kesedihan hingga mencapai keseimbangan di angka 5 dari 10 bagi kedua sisi.

Pentanyaannya adalah apakah kita hanya bisa ikhlas dengan hukum keseimbangan yang ada? Jawabannya: antara ya atau tidak. Tidakkah kita terpikirkan untuk memperluas ‘kadar keseimbangan’ kita? Perluas saja dari kadar 10 (yang sebelumnya dicontohkan) menjadi 20 dan seterusnya. Tetapi, berhati-hatilah dapat memperluas kadar ini karena setiap orang memiliki batas maksimumnya. Tinggi kadar keseimbangan itu seperti tingginya sebuah pohon. Semakin tinggi pohon tersebut, semakin besar angin yang berhembus. Semakin tinggi kadar yang ditingkatkan, semakin besar godaan yang didapatkan.

Perlukah kita khawatir akan itu? Tidak, jika kamu memiliki pedoman hidup yang seteguh-teguhnya pedoman hidup layaknya akar pohon yang kuat menghujam ke dalam tanah. Satu-satunya adalah agama/keyakinan kita. Kembali mari kita tanyakan pada diri kita masing-masing: sudahkan kuat ‘pedoman hidup’ kamu untuk menghadapi kerasnya kehidupan?

1 Comments

  1. Creo que estás un poco pez, ¿no?, ni siquiera sabes lo que es una línea de comandos???Antes de leer este post, deberías leer alguno de manejo básico de Mac OS y sobre shell, ¿no te pacece?, quizás otro de Software libre, dado que todo el SW libre suele venir en código fuente, es decir hay que “compilarlo para in#t2larlo&s8a21;.

    Reply

Leave a Comment.