Agar (Semoga Saja) Kicauan Anda Berbalas di Twitter

Sebenarnya tulisan ini bukan hanya tips atau trik agar tweet kamu mendapat balasan di Twitter, tetapi lebih kepada tanggapan atas artikel dengan judul ‘Agar Kicauan Anda Berbalas di Twitter’ di Tempo.co

Di artikel tersebut, ada 9 poin yang bisa dilakukan agar tweet atau kicauan seseorang di Twitter berbalas. Mari kita lihat satu per satu.

1. Miliki nama akun yang pendek dan masuk akal.

Nama akun yang normal maksimal adalah 15 karakter. Jika anda memiliki akun dengan nama aneh, maka jika di retweet orang akan semakin aneh, apalagi jika lebih dari satu orang meretweet. Anda bisa mengubah username kapan saja, tapi pikir-pikirlah jika nama akun anda lebih dari 10 karakter.

Untuk poin no. 1 ini, saya setuju dengan kata kunci ‘masuk akal’. Nama akun Twitter yang masuk akal tidak akan membuat pengguna lain merasa geli atau curiga apakah akun ini main-main atau dia emang alay sejati.

2. Berilah cukup ruangan bagi orang untuk meretweet pesan anda.

Jika orang harus mengedit tweet anda yang panjang, mereka akan dengan senang hati, karena selain nama anda tidak menyusahkan, masih ada tempat buat nama akun peretweet. Jika anda memang malas, coba mulai sekarang, buat tweet pendek dan sisakan minimal 20 karakter buat mereka yang akan meretweet.

 

Seperti yang sudah pernah saya bahas di postingan sebelumnya, ngapain sih ngebales tweet orang pake RT-RTan segala, yang ada malah menuhin-menuhin jatah 140 karakter lu dan bisa jadi nama akun yang di-mention itu kepotong. Alhasil, malah orang lain yang di-mention. Gue salah satu korban metode ini! (dan termasuk teman-teman yang lainnya). Ketika nama akun gue itu @fauzanalfi dan selidik punya selidik ada yang pake nama akun @fauzanalfii (cuma beda tambahan huruf i di belakangnya). Pas itu huruf i nya hilang satu, yang ke-mensyen malah gue. Jadinya? Notif bejibun dari tweet-tweet alay!!!

Jadi, balaslah tweet teman kamu dengan tombol Reply dan untuk melihat tweet yang sebelumnya, pilih ‘Conversation’ atau ‘View Conversation’ atau ‘in reply to @username’

3. Pelajari apa yang pembaca anda ingin baca.

Ini mungkin terdengar sulit, tapi sebenarnya sangat mudah. Untuk meningkatkan peluang retweet dan klik, atau untuk memastikan bahwa seseorang membaca pesan anda, maka anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempelajari apa sebenarnya yang paling banyak direspon jaringan anda.

Tidak perlu mengubah diri anda untuk mencapai standari ini. Tapi coba pikirkan bahwa orang-orang akan tertarik dengan bukti-bukti seperti data.

Saya setuju sama poin ke-3 dan tips ini lebih cocok untuk akun bisnis.

4. Bagilah hal yang menarik atau konten unik.

Saya setuju.

5. Cobalah untuk jadi yang pertama mengabarkan.

Jika Anda tak bisa jadi yang pertama, maka jadilah yang terbaik. Buat tweet Anda menarik, lucu atau penuh pemikiran. Tapi ingat jangan pernah berbohong, sekali Anda berbohong, maka tidak akan ada orang yang mau mengklik atau percaya yang Anda katakan.

Sedikit bunga-bunga atau “lebay” masih wajar. Apalagi humor dan kisah jenaka. Buatlah tweet yang membuat orang gatal untuk ikut komentar.

Jadilah pertama yang mengabarkan dan bukan mengaburkan.

6. Selalu gunakan bit.ly atau link penyingkat lainnya to untuk menyingkat link.

Alasannya? karena tidak ada yang suka dengan link panjang. Jika anda menggunakan tinyurl, maka sangat jarang orang membaca pesan Anda

Apa hubungannya tinyurl sama jarang dibaca tweetnya? Yang salah itu kalo tweetnya udh kepanjangan dan kebanyakan yang dimention ujung-ujungnya malah pake Twitlonger. Masa cuma mau baca tweet aja musti ngeklik link lagi.

7.  Gunakan tata bahasa yang sempurna dengan tanda baca yang benar.

Baca sebentar sebelum memposting tweet anda. Salah satu tips adalah hindari tanda baca titik dua. Begitu juga singkatan yang agak aneh seperti ak untuk aku. Dan cobalah untuk menghindari singkatan seperti LOL, RFLO, LFMAO dan sebagainya.

Buset! Masa LOL, ROFL (bukan RFLO ya), LFMAO (… everyday I’m shuffling) aja ga harus dihindari?

 

Saya sependapat dengan teman saya di atas.

8. Tetaplah konsisten

Jika orang-orang tidak tahu apa yang bisa mereka peroleh dari anda, maka mereka tidak akan nyaman berbagi isi konten tweet anda di jaringan mereka.

9. Jangan jadi robot

Jangan hanya copy dan paste berita dari orang lain. Lalu jika anda menggunakan twitter feeds, maka tinjau dulu tweet Anda sebelum posting.

Untuk poin ke-8 dan 9, saya setuju-setuju saja.

Oke, semua poin sudah dibahas menurut perspektif saya. Mungkin kamu punya pendapat yang berbeda, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca!

n.b.: HAPPY NEW YEAR 2012!!!

35 Comments

  1. Pingback: haga clic en este
  2. Pingback: tv pole mount

Leave a Comment.