Fort Worth, ‘Kota Kembar’ Bandung.

Untuk menjalin hubungan luar negeri bebas aktif, sebuah kota diperbolehkan memiliki ‘Sister City’ atau kota kembar. Kali ini, akan dibahas salah satu ‘Sister City’ dari kota Bandung yaitu Fort Worth, TX.

Apa itu ‘Sister City’ ?

Sister City atau kota kembar adalah sebuah konsep kerjasama sama antara dua kota di belahan dunia yang bertujuan untuk menjalin hubungan budaya dan pertukaran pelajar. Umumnya, kedua kota tersebut memiliki persamaan keadaan demografis dan permasalahan yang dihadapinya sehingga dengan adanya hubungan ini, permasalahan tersebut dapat dipecahkan bersama.

Fort Worth sebagai Sister City Kota Bandung.

Fort Worth merupakan nama kota di Amerika Serikat, terletak di bagian selatan tepatnya di negara bagian Texas. Kota ini merupakan kota terbesar kelima di negara bagian Texas dan merupakan kota terbesar ke 19 di Amerika Serikat.

Berawal dari saran Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi yang juga menjabat Direktur Utama IPTN, mengharapkan untuk menjalin Sister City antara kota Bandung dengan kota Fort Worth Texas, Amerika Serikat. Dasar kerjasama  ini dilatarbelakangi oleh kerjasama IPTN (sekarang PT. Dirgantara Indonesia) dengan Pabrik Helicopter BELL.

Pemerintahan Kota Bandung berhasrat menciptakan hubungan kemitraan dengan Kota Fort Worth. Penandatangan MoU Mitra Kota antara Kotamadya Bandung dengan Kota Fort Worth dilaksanakan pada tanggal 2 April 1990 oleh Walikota Bandung Ateng Wahyudi dan Walikota Fort Worth Bob Bolen.

30 Comments

  1. Pingback: link del autor
  2. Pingback: mi blog

Leave a Comment.