Bandung dan Kulinernya (I) : Batagor.

Tak perlu ditanya lagi, kota Bandung sudah sangat dikenal luas oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain dijuluki sebagai Kota Kembang, kota tempat saya dilahirkan dan dibesarkan ini mendapat julukan sebagai kota ‘Factory Outlet’, kota kuliner dan lain sebagainya (termasuk kota sampah). Kali ini, saya ingin berbagi sekilas tentang Bandung dan kulinernya.

Makanan asli Bandung apa sih?

Pertanyaan di atas cukup membuat saya sebagai warga asli Bandung pun bingung. Saking banyaknya makanan yang hadir di Bandung, sampai cukup susah mencari makanan asli dari Bandung. Di antara kuliner yang ada, baso tahu goreng atau batagor dan surabi menjadi salah satu makanan yang khas dari kota Bandung.

Baso Tahu Goreng

Credit to : http://mypotret.wordpress.com/

Panganan ini cukup mudah ditemukan di kota Bandung karena banyaknya pedagang yang menjajakan panganan ini. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran-restoran mewah. Dari muda hingga tua, kaya hingga miskin, baso tahu goreng atau disingkat menjadi batagor disukai dan dinikmati setiap hari. Batagor terbuat dari tahu yang diberi adonan ikan dan kemudian digoreng hingga cukup kering. Batagor disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Jangan lupa diberi jeruk nipis untuk membangkitkan selera! 😀

Salah satu tempat penjualan batagor yang sangat terkenal adalah Batagor Riri. Rasanya cukup lezat, namun harganya cukup tinggi. Saya pribadi pun masih bingung mengapa masih ada banyak orang senang Batagor Riri dengan harganya yang cukup tinggi. Untuk urusan batagor, saya lebih memilih Batagor H. Isan yang berpusat di Jalan Bojongloa. Harganya lebih tinggi daripada pedagang kaki lima tapi rasa lebih dari sekedar restoran bintang lima! Keunikan dari Batagor H. Isan adalah bumbu kacang-nya yang kering, sehingga awet hingga seminggu lebih! Untuk kalian yang ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, jadikan Batagor H.Isan sebagai buah tangan.

Batagor H.Isan (harga satuan : Rp1500)
Lokasi :

View Larger Map
Sekian dahulu sharing saya tentang kuliner di kota Bandung. Semoga bermanfaat dan tunggu kelanjutannya! :thumbup

36 Comments

  1. Pingback: uudet lainat
  2. Pingback: Extra resources
  3. Pingback: Eidiseiw
  4. Pingback: tatuaggi

Leave a Comment.